Search:
Email:     Password:        
 





Achdinanti Victoria Achjuman, Music is My Life!

By Benny Kumbang (Editor) - 26 June 2015 | telah dibaca 2555 kali

Naskah: Suci Yulianita, Foto: Sutanto

Memiliki hobi menyusun lego sejak kecil membuatnya bercita-cita menjadi seorang arsitek. Namun perkenalannya dengan biola sejak usia 12 tahun membuat wanita yang akrab disapa Ava Victoria ini, total berkarier di musik hingga menjadi salah seorang violinist profesional di negeri ini.

 

Menyesalkah tak bisa menggapai impian kanak-kanaknya? “Tidak sama sekali! aku justru sangat senang menjalaninya dan memang ingin total di musik. Aku hidup untuk bermusik, dan musik juga yang selama ini telah menghidupiku. Dan aku orang yang sangat beruntung karena bisa menjadikan hobi sebagai profesi,” ceritanya pada Men’s Obsession ketika ditemui di kediamannya yang asri di kawasan Cinere, Depok.


Ya wanita cantik bernama lengkap Achdinanti Victoria Achjuman ini, memang sejatinya sangat total mendalami dunia musik. Tak hanya pandai menggesek biola, jari-jari lentiknya pun sangat piawai memainkan tuts-tuts piano menghasilkan suara yang aduhai indahnya. Ia pun ternyata bisa menyanyi juga. Terang saja, karena ia juga mempelajari piano dan olah vocal sejak kecil. Justru sebetulnya piano lah yang menjadi cikal bakal awal mulanya ia mengenal musik.


Namun dalam perjalanannya, ketika ia mengenal biola, ia justru lebih kepincut pada alat musik dawai ini dan menjadikannya sebuah profesi. “Biola lebih seru, karena kalau manggung tidak sendirian apalagi dalam sebuah orchestra. Dan waktu itu masih sedikit yang menguasai biola dibanding piano, jadi kesempatan dan peluang aku juga lebih besar,” mata indahnya berbinar-binar ketika menceritakan awal kariernya itu.


Mengenal dan mempelajari alat musik biola sejak usia 12 tahun, ia giat berlatih dan berlatih, hingga akhirnya memberanikan diri manggung yang dimulai dari hotel ke hotel ketika masih duduk di bangku menengah atas. Dari situ kemudian jaringannya semakin luas, kariernya pun semakin berkembang. Ia sempat rekaman single, bermain satu panggung dengan para musisi papan atas, hingga sempat bergabung di Margenta Orchestra pimpinan Andi Rianto pada 2004 lalu.


Perjalanan kariernya, tak hanya sampai di situ. Dari situ ia terus berpetualang mencari pengalaman dan tantangan baru, sempat juga bergabung dengan Twilite Orchestra pimpinan Addie MS. Tak hanya bermain di orchestra, Ava juga berpetualang dalam sebuah grup girls band, yang cukup sering berpindah-pindah grup, antara lain, Magenta Chamber Girls, Minerva String Quartet, dan yang terakhir tergabung di grup Violet pimpinan KLA Project hingga 2014. Bersamaan dengan itu, perempuan blasteran Canada, Sunda dan Jawa ini, juga sempat bergabung bersama KLA Project sebagai pemain biola.


Seolah tak lelah berpetualang, sulung dari dua bersaudara ini, kini menemukan tempat baru setelah sebelumnya bergabung dengan KLA Project. Tak tanggung-tanggung, Ava sedang mempersipkan dua grup barunya di bawah bimbingan Erwin Gutawa, yakni grup trio dengan nama Kamila, dan grup girls band 8 personil wanita cantik dengan nama Aquila.


“Kita berdelapan dengan format benar-benar grup band, ada piano, drum, biola, chelo, terompet, flute, dan vocal. Band kita lebih ke akustik jadi tanpa gitar dan tanpa bass. Ini akan menjadi sebuah band perempuan yang luar biasa. Sekarang sudah berjalan kok, sudah sering manggung, on air, off air. Dan insyaAllah kita akan merampungkan single dulu dalam waktu dekat ini,” katanya sembari menyibakkan rambut hitamnya yang tergerai indah.  


Dara kelahiran Jakarta, 23 Mei 1985 ini, rupanya betul-betul total dalam bermusik, seperti janjinya kepada orang tua ketika memutuskan meninggalkan bangku kuliah untuk lebih memilih menekuni dunia musik. Ya, hal itu benar-benar dibuktikannya. Selain sibuk meniti karier sebagai seorang pemain biola, Ava kini juga tengah sibuk menekuni profesi barunya sebagai Produser, Music Director dan Arranger. Bersama teamnya, ia berhasil membuat sebuah drama pertunjukkan Bawang Merah Bawang Putih. 


“Kayanya kalau hanya sebagai pemain biola saja, bisa nggak bertahan lama. Jadi aku harus merambah profesi lain juga di musik,” tutur dara yang memiliki keinginan berbisnis sekolah musik ini.  
Perempuan yang suka traveling keliling Indonesia ini, pun baru merampungkan album anak-anak. Ia menciptakan dan mengaransemen beberapa lagu dalam album penyanyi anak-anak pendatang baru, Naura, yang merupakan putri dari Nola Be3. Dan rencananya, Ava pun akan menggelar konser tunggal Naura pada Oktober 2015 mendatang. “Aku sekarang lagi sibuk mempersiapkan itu, seru loh menggarap album dan konser anak-anak,” ujar bintang iklan Dove ini sembari tersenyum manis.      


Jika ada waktu luang di tengah-tengah kesibukannya, Ava memilih beristirahat di rumah sembari menyelesaikan lego-lego miliknya. Ya ia mengaku sejak kecil ia memang begitu tergila-gila pada permainan lego. Baginya, sibuk mengutak-atik dan menyusun lego juga menjadi pelepas stress dan penat, “aku masih ada beberapa lego lagi yang belum diselesaikan,” ucapnya seraya menunjukkan beberapa lego hasil karyanya.  
Selain itu, untuk menjaga kebugaran tubuh, wanita ramah ini, juga menyempatkan diri berolahraga lari dan jogging keliling perumahan, atau sesekali berenang.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

         

Popular

   

Photo Gallery

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250