Search:
Email:     Password:        
 





Permainan Mewah Trilyuner Dunia

By Benny Kumbang (Editor) - 29 October 2015 | telah dibaca 2766 kali

Naskah: Andi Nursaiful/berbagai sumber, Foto: Istimewa

Jika banyak orang kaya dunia menumpuk kekayaan dengan membangun properti di berbagai belahan dunia, para trilyuner dunia di bawah ini lebih gemar mengoleksi mainan. Tentu bukan mainan biasa.

Richard Branson - dari Dasar Laut hingga Angkasa Luar
Trilyuner pemilik Virgin Group ini dikenal senang “bermain”. Tentu bukan mainan murah. Branson yang gemar bereksplorasi, memuaskan hasratnya dengan menjelajah dasar laut hingga angkasa luar.


Tak asal menjelajah, sebab Branson selalu berobsesi melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang lain. Pemilik Virgin Atlantic, Virgin Oceanic, dan Virgin Galactic, ini, misalnya, berhasil memecahkan rekor dunia melintasi Selat Inggris dalam waktu 1 jam 40 menit pada 2004. Branson mengendarai sendiri kendaraan amfibi tercepat di dunia, Aquada, yang ia beli khusus untuk pemecahan rekor itu.


Ketika menghabiskan waktu di Necker Island, sebuah pulau pribadi mewah miliknya, Branson biasanya asyik berlayar dengan yacht mewah yang ia namakan Necker Belle. Ia juga membeli kapal selam mini Necker Nymph yang didesain khusus untuk menjelajah bawah laut. Branson juga membeli kapal selam Super Falcon senilai USD1,7 juta yang didesain seperti pesawat.


Pada 2011, Branson membeli kapal selam Challenger yang awalnya didesain khusus memecahkan rekor penyelaman tunggal ke laut dalam oleh penjelajah Steve Fossett.


Tahun 2013, Branson yang memang hobi olah raga kitesurfing berhasil memecahkan rekor dunia Guinness kegiatan kitesurfing terbesar dengan mengerahkan Virgin Kitesurfing Armada. Sebelumnya, ia tercatat sebagai pria tertua yang mampu melintasi Selat Inggris dengan kitesurfing.


Selain gemar menjelajah laut, Branson juga sejak lama terobsesi menjelajah angkasa. Pada 1987, ia melintasi Samudera Atlantik dengan Virgin Atlantic Flyer, sebuah balon udara. Pada 1991, ia kembali tercatat sebagai orang pertama yang kali ini melintasi Samudera Pasifik dengan balon udara.


Pada 2003, ia menerbangkan model pesawat bertenaga manusia, glider, yang merupakan replika pesawat terbang pertama buatan Sir George Cayley di tahun 1853. Branson mampu terbang sejauh 50 yard pada ketinggian 5 meter. Obsesinya yang terus ia kejar hingga kini adalah membawa turis menjelajah angkasa luar. Melalui Virgin Galactic, ia sudah memiliki pesawat ulang alik WhiteKnightTwo.

Steven Cohen - dari Lukisan Termahal hingga Hiu
Berangkat dari seorang guru les piano, dan kemudian bisnis pakaian, Steven A. Cohen, kini tercatat sebagai salah seorang trilyuner terkaya dunia. Melalui SAC Capital Advisor, ia sudah menumpuk kekayaan hingga senilai USD11,4 milyar.


Berada di puncak kejayaan ekonomi, Cohen benar-benar menikmati kekayaannya. Sejak lama ia dikenal gemar memburu berbagai karya seni. Bukan karya seni biasa, melainkan yang termahal yang bisa dibeli.
Koleksinya mulai dari lukisan hingga patung-patung antik dari seniman dunia sekelas Rice Marden, Rudolf Stingel dan Cy Twombly. Salah satu koleksinya yang paling berharga adalah lukisan termahal kedua di dunia, de Kooning’s Woman III, seharga USD137,5 juta.


Belum lama ini, ia juga membeli lukisan “Flag” Jasper Johns senilai USD110 juta. Yang terbaru, Cohen membeli hiu raksasa yang diawetkan senilai USD8 juta.
Koleksi “mainan” Cohen lainnya, antara lain, lukisan karya Pablo Picasso senilai USD155 juta, patung perunggu karya Alberto Giacometti senilaiu USD101 juta,

Bill Gates – Dari Porsche hingga Da Vinci Codex
Pendiri Microsoft ini sejak lama dikenal sebagai mobil-mobil sport, khususnya Porsche. Bukan Porsche pasaran, tapi yang terlangka yang bisa ia dapatkan. Misalnya, seri 930 Turbo dan seri 959 Coupe tahun 1988. Kabarnya, Gates berperan besar melobi Kongres AS agar meloloskan UU yang membolehkan 959 Coupe bisa dikendarai di jalan umum.


Gates juga dikenal sebagai pecinta dan kolektor karya seni supermahal. Ia menghabiskan USD36 juta untuk membeli lukisan “Lost on the Grand Banks” karya Winslow Homer pada 1998, mencetak rekor harga lukisan AS termahal kala itu.


Sebelumnya, pada 1994, Gates memenangi lelang buku catatan ilmiah Leonardo Da Vinci, Codex Leicester, senilai USD30,8 juta. Ia juga memiliki perpustakaan buku-buku langka, termasuk karya-karya orisinil Abraham Lincoln dan tokoh dunia lainnya.

Larry Ellison – Dari Samurai hingga Yacht
Pendiri Oracle ini benar-benar menikmati hasil kerja kerasnya dalam kemewahan hidup. Ia melepas kursi CEO dan menjabat Chairman sekaligus CTO (Chief Technology Officer) Oracle agar bisa lebih menikmati hidupnya.
Ellison yang ditaksir memiliki USD51 milyar ini memiliki koleksi pesawat jet dan mobil supermewah. Ia juga mengoleksi karya seni Jepang dan pedang samurai langka. Salah satu rumah mewahnya di Woodside, California, AS bahkan didesain layaknya istana kaisar Jepang.


Ia juga dikenal sebagai pecinta yacht. Salah satu miliknya yang termewah diberi nama Musashi, lagi-lagi meminjam nama tokoh legendaris dari Negeri Sakura Jepang.  

Paul Allen – Dari PD II hingga Rock ‘n Roll
Bersama Bill Gates, ia mendirikan Microsoft. Kini Paul Allen menjadi salah satu orang terkaya dunia. Dengan kekayaan luar biasa, ia bisa memenuhi semua hasrat dan hobinya. Salah satu yang unik, mengumpulkan dan merestorasi pesawat tempur bekas Perang Dunia II. Saat ini ia memiliki puluhan pesawat tempur bekas PD II dari berbagai negara. Ia juga memiliki Panzer IV, tank tempur buatan Jerman yang langka yang ia beli senilai USD2,5 juta.


Tak kalah unik, Allen juga mengoleksi gitar listrik yang langka dan mahal. Termasuk gitar milik Woody Guthrie dan Jimi Hendrix. Tak sekadar koleksi, karena Allen sesungguhnya piawai memainkan alat musik ini. Demi memenuhi hasratnya akan musik Rock ‘n Roll, Allen menyewa sebuah band untuk mengikutinya ke mana saja sehingga ia bisa bermain musik kapanpun dan di manapun.


Mainan Allen lainnya adalah sebuah kapal pesiar supermewah yang diberi nama Octopus, dilengkapi dua helipad, dan sebuah kapal selam mini. Dengan Octopus (dan tentu saja grup band sewaannya), Allen sudah berlayar mengelilingi Antartika, Eropa, dan destinasi eksotis lain. Ia juga memiliki “Tatoosh,” sebuah watercraft yang di dalamnya memuat studio rekaman.
 
Sultan Hasanal Bolkiah – Dari Ferrari hingga Formula 1
Tak ada yang mampu menyamai koleksi supercar milik Sultan Hasanal Bolkiah dari Brunei. Semua jenis dan varian mobil-mobil paling mewah dan supercar termewah ada di garasinya. Ibaratnya, mobil-mobil itu dibeli layaknya mainan.


Sebut saja, ada 604 unit Rolls Royce, 574 unit Mercedes-Benz, 452 unit Ferrari, 382 unit Bentley, 209 unit BMW, 179 unit Jaguar, 134 unit Koenigsegg, 21 unit Lamborghini, 11 unit Aston Martin’s, dan banyak lainnya. Total ada sedikitnya 7.000 unit kendaraan premium yang diparkir di empat garasi raksasa.


Tak sampai di situ. Sultan juga mengoleksi unit-unit kendaraan yang masih kategori konsep, namun ia pesan khusus untuk dibuat agar bisa dikendarai. Bahkan, mobil-mobil koleksinya banyak yang dipesan dengan modifikasi khusus (custom-made) sehingga hanya ada satu di dunia.


Sekadar contoh, untuk jenis Ferrari 456 GT, Sultan memesan tiga varian berbeda, yaitu versi long wheelbase 4-door saloon, versi convertible, dan versi estate.  Beberapa mobil konsepnya, antara lain, Bentley Java dan Ferrari Mythos.


Bahkan ada beberapa unit yang sama sekali tidak dikenal oleh dunia, karena khusus dibuat untuk Sultan, misalnya, Ferrari FX yang dibangun khusus oleh Prodrive, Rolls Royce twin-turbo 542 hp, Bentley bermesin Range Rover yang dinamakan Dominator, serta enam replika Mercedes 300SL keluaran tahun 1950-an yang diisi mesin AMG  6.0 V8.


Selain itu, Sultan juga membangun museum yang berisi hampir semua mobil Formula 1 yang pernah memenangi ajang balap Formula 1 sejak 1980.

Roman Abramovich – Dari Superyacht hingga Supercar
Orang terkaya di Rusia ini gemar mengoleksi mainan besar. Superyacht miliknya yang ia beri nama Eclipse, tercatat sebagai yang terbesar di dunia. Kapal pesiar sepanjang hampir 200 meter ini khusus dibuat oleh Blohm & Voss of Hamburg, Jerman, untuk Abramovich dengan taksiran senilai USD475 juta.


Kapal ini memuat dua helipad, 24 kabin mewah untuk tamu, dua kolam renang, tiga launch boats, dan dilengkapi kapal selam mini. Semua diurus oleh sedikitnya 70 kru. Abramovich juga memiliki beberapa kapal pesiar lain. Salah satunya, Pelorus, senilai USD300 juta, kemudian dihadiahkan kepada istri pertamanya yang sudah ia ceraikan.


Mainan besar Abramovich lainnya adalah dinamakan Bandit, sebuah pesawat Boeing 767-33A yang mampu mengangkut 375 penumpang. Pesawat ini dibangun dengan interior mewah berlapis emas. Ia juga membeli Airbus A340-313X.


Pemilik klub sepak bola Chelsea ini juga dikenal gemar mengoleksi mobil mewah dan supercar. Brand-brand teratas seperti Bugatti, Ferrari, Porsche, Maybach dan lain sebagainya tersusun rapi di dalam garasi-garasi besarnya.
Tak hanya itu hobinya, sebab ia juga membeli mainan lain berupa sejumlah helikopter mewah yang diparkir di beberapa yacht dan rumah mewah miliknya.

Carlos Slim – Dari Da Vinci hingga Renoir
Dialah orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Jika trilyuner dunia lainnya gemar mengoleksi mainan kapal mewah dan mobil tercepat, maka Slim lebih suka menghamburkan uangnya untuk karya seni.


Kabarnya, ia mengoleksi sedikitnya 66 ribu karya seni dunia, termasuk karya-karya Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, dan Pierre-Auguste Renoir. Ia juga dikabarkan memiliki koleksi terbanyak karya-karya patung Auguste Rodin. Selain itu, Slim mengoleksi koin-koin kuno yang sangat langka, dokumen-dokumen bersejarah, hingga relik-relik agama.  

Bill Koch – Dari Wild West hingga Maritim
Pemilik Koch Industries ini begitu tergila-gila dengan pernak-pernik koboi. Bukan koleksi biasa, namun yang terlangka. Contohnya, ia membeli satu-satunya foto asli penjahat legendaris Billy the Kid senilai USD2,1 juta pada 2011.


Foto langka itu disandingkan dengan pistol asli milik penjahat legendaris AS lainnya, Jesse James, serta bendera milik Jenderal George Amstrong Custer, komandan perang sipil AS yang legendaris. Koch kabarnya mengoleksi jutaan memorabilia Wild West, bahkan membangun kota bergaya di Colorado, AS, yang ia namanya Bear Ranch.


Dari suasana gurun gersang tanah para koboi, Koch juga terpikat segala sesuatu yang barbau maritim. Untuk yang satu ini, ia mengoleksi memorabilia maritim yang kuno dan antik, seperti alat-alat selam kuno, hingga perahu dan kapal-kapal selam antik.


Add to Flipboard Magazine.

Tulis Komentar:


Anda harus login sebagai member untuk bisa memberikan komentar.

     
    

Popular

     

Photo Gallery

   
 

Visitor


Jumlah Member Saat ini: 2250