RONNY LUKITO, CEO PT Eigerindo MPI

Oleh: Syulianita (Editor) - 24 July 2019 | telah dibaca 4215 kali

The Pioneer of ‘TROPICAL ADVENTURE’

 

Naskah: Giattri F.P. Foto: Sutanto/Fikar Azmie/Dok. Eiger

 

Jadilah trendsetter, bukan follower. Frasa  ini diamini benar oleh CEO PT Eigerindo MPI Ronny Lukito. Karenanya, pria kelahiran 15 Januari 1962 tersebut pun gigih berjuang agar produk Eiger yang dirilisnya menjadi produk kebanggaan bangsa. Usahanya berbuah manis, Eiger kokoh bertahan sebagai pemimpin pasar dalam industri tas dan petualangan di Indonesia, juga sukses menasbihkan diri sebagai brand ‘Tropical Adventure’.

 

Berdiri sejak 1989, Ronny mengawal Eiger terus berinovasi untuk menghadirkan berbagai produk yang mumpuni dengan kualitas tinggi. Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dengan iklim tropis tentunya memiliki hamparan kekayaan alam yang menantang untuk dijelajah. Untuk mengakomodir semua keperluan perlengkapan outdoor di alam tropis, Eiger pun mantap mensuplai produk khusus iklim tropis, setelah melalui riset dan uji coba yang panjang. Ronny menerangkan, jika pemilihan spesialisasi alam tropis ini karena fakta menunjukkan sebanyak 40 persen populasi manusia hidup di iklim tropis. Sementara, keanekaragam flora dan fauna sebanyak 66 persen, serta berbagai jenis serangga sebesar 80 persen. Hal inilah yang memacu Eiger untuk mengakomodir semua perlengkapan outdoor khusus di iklim tropis. Untuk menegaskan kembali sebagai brand tropical adventure, Eiger melakukan kampanye dengan tagline “Tropical Adventure”. Menyusul dua sub tagline kampanye lainnya, yakni 23,5’ dan Your Tropical Discovery. Angka 23,5’ sendiri diambil dari letak daerah tropis yang dibatasi oleh dua garis khayal bumi, yakni 23,5’ LU dan 23,5’ LS.

 

Ronny mengungkapkan kepada Men’s Obsession, “Selain data dan fakta tersebut, belum ada satu pun brand di dunia yang secara khusus fokus untuk perlengkapan outdoor tropis. Semua rata-rata produk outdoor itu 4 musim, mayoritas mereka dari negara-negara Eropa dan Amerika. Saya menangkap peluang tersebut.” Setelah selesai dengan ekspedisi Black Boreneo pada 2016 dan Ekspedisi 28 Gunung pada peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2017 lalu yang berhasil masuk ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), Ronny menuturkan, Eiger akan kembali melakukan ekspedisi untuk menunjukkan komitmennya sebagai brand tropical adventure sekaligus memperlihatkan kualitas produknya.

 

Eiger memilih gunung Hkakabo Razi yang diduga merupakan gunung tertinggi di Asia Tenggara. “Tim EAST (EIGER Adventure Service Team) sedang mempersiapkan ekspedisi itu. Tidak mudah untuk masuk ke sana, mudah-mudahan ekspedisi  yang kami namakan Ekspedisi Merah Putih ini akan terwujud pada tahun 2020, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus. Jadi, kami akan mengibarkan bendera Merah Putih di sana. Niat kami ini bisa menjadi catatan tersendiri, bukan hanya untuk Eiger, tapi juga untuk kebanggaan Indonesia,” paparnya. Lebih lanjut Ronny mengatakan, selama empat tahun terakhir hingga tahun 2020, Eiger masih berfokus di pasar lokal karena Indonesia sangat potensial dengan jumlah penduduk yang besar dan kondisi demografis-geografisnya yang luas.

 

“Jadi, kami membuka banyak chanel distribusi dulu. Setiap tahun kami membuka 40-an outlet, bahkan tahun 2017 sangat ekspansif, yaitu 87 outlet, dan tahun ini rencananya kami membuka 45 outlet. Tahun depan, kami akan ngegas lagi, sekitar 60 outlet. Total hingga kini baik outlet sendiri atau yang dimitrakan berjumlah hampir 300. Selain offline, online pun kami jalankan. Rencana berikutnya tahun 2021 atau 2022, saya targetkan Eiger harus mendunia dan menjadi yang terbaik. Tahun ini, kami akan mempersiapkan membuka outlet pertama kami untuk go international di Swiss,” tegas Ronny penuh semangat.